Press Release Training Jurnalistik #1 : Belajar Desain Corel Draw

http://instagram.com/p/1XY-8NvU57

Training Jurnalistik: Membuat Poster Publik & Ilmiah 2015 adalah salah salah satu project divisi Jurnalistik Kastraat De Geneskunde yang diadakan tiap tahunnya. Tujuan dari training ini sendiri adalah untuk memberikan pengetahuan dan bekal kepada para peserta cara pembuatan poster ilmiah dan poster publik melalui aplikasi desain corel draw beserta cara presentasi dari poster ilmiah dan poster publik yang dibuat. Sasaran utama dari kegiatan ini adalah mahasiswa kedokteran khususnya mahasiswa tahun pertama.

Training Jurnalistik dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 11-12 April 2015 bertempat di RK G FK UNS pada hari pertama dan di RK 4 FK UNS pada hari keduanya dimulai pada pukul 07.30-11.30. Pada hari pertama acara dimulai dengan sambutan panitia dilanjutkan dengan sambutan ketua Kastrat De Geneskunde Darma Aulia Hanafi, selanjutnya pemberian materi overview poster publik, basic pembuatan poster publik, dan bagaimana cara mempresentasikan poster publik dengan baik yang diberikan secara dua arah oleh Mas Luthfi Saiful Arif yang merupakan alumni Kastrat yang berprestasi di bidang desain grafis.. Peserta tampak bersemangat dan aktif dalam menyimak materi yang diberikan. Selanjutnya adalah acara yang paling ditunggu-tunggu yaitu praktek pembuatan poster publik secara langsung dibimbing oleh mas Lutfhi juga dan dibantu oleh panitia dari divisi Jurnalistik. Acara kemudian ditutup dengan pembacaan tugas pembuat poster publik dengan pilihan tema kebersihan lingkungan, teknologi, atau pendidikan untuk dipresentasikan pada hari kedua, kemudian doa dan foto bersama.

Pada hari kedua Training Jurnalistik materi yang disampaikan dengan pembicara yang sama pula adalah seputar poster ilmiah dan bagaimana cara membuat poster ilmiah yang baik, inspiratif, dan menarik untuk dibaca. Setelah ice breaking dilanjutkan dengan presentasi karya poster publik tiap peserta. Banyak masukan dan saran yang diberikan juri kepada peserta yang membangun untuk terus berlatih membuat poster maupun karya ilmiah yang lain. Akhir presentasi dipilihkan satu pemenang untuk tugas membuat poster publik ini. Secara keseluruhan acara Training Jurnalistik terlaksana dengan baik dan kondusif. Peserta tampak sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti serangkaian acara, tak jarang peserta melemparkan pertanyaan-pertanyaan selama penyampaian materi dan praktek membuat poster berlangsung. Namun tentu saja ada beberapa kendala selama teknis pelaksanaan training dan juga kekurangan yang harus kami perbaiki agar acara divisi jurnalistik selanjutnya dapat berjalan lebih baik lagi.

Akhir kata, saya ucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan divisi jurnalistik yang telah membantu persiapan dan juga berpartisipasi langsung di acara Training Jurnalistik: Membuat Poster Publik & Ilmiah 2015 ini. Semoga kedepannya divisi jurnalistik Kastrat semakin eksis dan dapat memberikan ilmu jurnalistik kepada mahasiswa kedokteran FK UNS. Amin Amin 😀 . Dan nantikan Training Jurnalistik selanjutnya untuk materi yang tidak kalah serunya.

 

Project Officer

 

Jea Ayu Yogatama

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*