Press Release Journal Reading 2015

48328
Jurnal Reading (JR) telah usai. Meskipun dengan berbagai hambatan, baik JR 1 maupun JR 2 telah lancar terlaksana. Alhamdulillah.

JR merupakan agenda tahunan Kastrat de Geneeskunde. Namun, tahun ini JR dikonsep dengan sedikit berbeda. JR 1 yang dilaksanakan 6 April 2015 menghadirkan dr.Amandha Boy sebagai pembicara. Dalam materinya, dr. Boy menyampaikan teknik mencari jurnal dan cara mengkritisi suatu jurnal (critical appraisal). Diawali dengan pemaparan tentang perbedaan jurnal dengan tulisan yang lain, beliau melanjutkan penjelasannya mengenai ciri-ciri jurnal ilmiah yang pantas dijadikan rujukan dan teknik untuk mendapatkan jurnal tersebut. Menariknya, beliau mengajak para peserta yang berjumlah sekitar 56 orang untuk langsung bersama-sama mempraktekkan teknik pencarian jurnal yang sedang disampaikan. Materi diakhiri dengan mengupas satu jurnal untuk menggali informasi yang ada dalam jurnal tersebut.

JR 1 berlangsung lancar dan menarik, meskipun harus molor waktunya karena bentrok dengan jadwal kuliah angkatan 2014. Tak hanya peserta, panitia pun antusias mendengarkan pemaparan materi oleh dr.Boy yang sangat interaktif. Hingga akhirnya, acara yang dimulai pukul 16.00 WIB tersebut harus berakhir saat waktu menunjukkan pukul 17.30 WIB.

Nah, ini nih beberapa potret menarik saat JR 1.

IMG_0944 IMG_0945 IMG_0943

 

 

Setelah JR 1, terbitlah JR 2. JR 2 dilaksanakan hanya selang 5 hari dari JR 1. Meskipun dengan jumlah peserta yang lebih sedikit, acara ini berjalan lebih menarik! Mengangkat tema “How to give an attraction presentation”, JR 2 digabung dengan Scientific Study Club (SC) besar, jadi konsepnya sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu peserta hanya mendapatkan materi tentang critical appraisal jurnal, kemudian dilanjutkan dengan mempraktekkan critical appraisal tersebut terhadap suatu jurnal. Nah, tahun ini mereka diajak untuk mempraktekkan ilmu yang telah didapat dalam JR1, JR2 dan SC dengan tentor masing-masing.

JR 2 yang dilaksanakan di RK G menghadirkan Mas Ega Caesaria, S.Ked. Dengan segudang pengalamannya di dalam dan luar negeri, beliau membawakan materi tentang cara atraktif mempresentasikan karya ilmiah. Dalam materinya, beliau menekankan pentingnya memahami jenis karya yang akan dipresentasikan dan audiens/reviewer yang akan mendengarkan. Mas Ega juga menekankan tentang pentingnya memahami poin dari karya tulis yang ingin dipresentasikan, bagaimanapun dengan waktu yang terbatas sangat sulit untuk menyajikan keseluruhan isi karya. Selain itu, beliau memberikan tips jitu membuat slide presentasi, persiapaan sebelum dan menjelang presentasi, serta tips menghindari kesalahan yang umum dilakukan saat presentasi. Di tengah pemaparan materi, Mas Ega mengadakan kuis yang beliau sediakan sendiri hadiahnya, yaitu berupa gantungan kunci oleh-oleh dari Malaysia saat lomba beberapa saat lalu. Waaah…

Setelah materi dari Mas Ega, JR 2 dilanjutkan dengan sesi praktek. Dalam sesi ini, peserta dibagi dalam beberapa kelompok kecil. Masing-masing kelompok dibebaskan untuk memilik satu dari dua judul karya tulis ilmiah yang disediakan panitia. Nah, tugas mereka adalah membuat latar belakang dari judul tersebut lalu mempresentasikannya. Mereka diberi waktu 15 menit untuk membuat latar belakang dan 5 menit untuk presentasi dan tanya jawab. Dalam membuat latar belakang mereka diharuskan mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam JR 1 dan SC, serta mengaplikasikan ilmu JR 2 saat presentasi. Hasilnya luar biasa! Meskipun hanya diberi waktu 15 menit, tapi masing-masing kelompok mampu menuliskan latar belakang sesuai judul yang mereka pilih. Ada tiga kelompok yang mempresentasikan latar belakang mereka. Di akhir sesi presentasi, ada sesi tanya jawab dari kakak-kakak Kastrat de Geneeskunde yang hadir. Pertanyaannya bervariatif, mulai dari kata kunci yang dipakai dalam pencarian jurnal sampai saran terhadap sistematika latar belakang. Dan dari hasil penilaian, didapatkan satu kelompok terbaik! Selamaat! Meskipun JR 2 harus usai saat kumandang adzan Maghrib, tapi semangat kita untuk terus belajar tak boleh usai.

Kastrat de Geeneskunde, the Spirit of Science and Research!

51350

IMG_0963

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*