Press Release Jurnal Reading dan Grand Opening Study Club

Apa yang kalian pikirkan saat mendengar kata jurnal?

Beberapa dari kalian mungkin langsung mengerutkan kening. Sebagian geleng kepala, dan sebagian lagi tersenyum kecut.

Responnya sangat beragam. Pun di kalangan mahasiswa FK. Hal yang amat menarik ketika mahasiswa FK tidak akrab dengan jurnal. Bagaimanapun, seorang mahasiswa, FK pula, adalah ikon kecerdasan intelegensi dan berpikir ilmiah. Dan jurnal pun ikon keilmiahan. Jadi seharusnya mahasiswa dan jurnal berkawan karib.

Menghadapi kenyataan yang tak sejalan dengan harapan, muncullah konsep acara Journal Reading (JR). JR adalah upaya Kastrat de Geneeskunde agar mahasiswa FK UNS akrab dengan jurnal dan perkembangan ilmu pengetahuan. Oleh karena tujuannya begitu berat, JR akan dilaksanakan secara rutin setiap tiga minggu.

Nah, sebagai pembuka, Kamis, 17 Maret 2016 telah diadakan Grand Opening Journal Reading. Dalam acara tersebut, tak kurang dari 40 mahasiswa turut hadir. Mereka begitu antusias. Buktinya, selalu ada protes saat suara pembicara tidak terdengar. Protesnya berjamaah, keras pula, melebihi kerasnya suara hujan di luar ruangan.

Mas Luthfi Saiful Arif, S.Ked
Mas Luthfi Saiful Arif, S.Ked

Agaknya Mas Luthfi Saiful Arif, S.Ked berhasil menguasai audiens dengan materi-materinya. Tema GO JR sore itu adalah “Tips mencari dan memahami jurnal.” Slide presentasinya begitu menarik, beliau pun langsung mempraktekkan materi pencarian jurnal di internet. Sore itu, RK 3 adalah milik kami. Pun setelah acara usai, peserta dan panitia masih tetap memilih tinggal di ruangan. Apa sebabnya? Hujan, mungkin. Atau, masih ingin mempraktekkan materi JR tadi? Jawaban ini juga tidak salah. Buktinya, ada segerombolan mahasiswa yang asik memandangi laptop. Sejurus kemudian mereka berteriak kegirangan. Ternyata, mereka berhasil menemukan jurnal yang ditulis oleh dosen “favorit” mereka. Full text journal dan gratis.

Agaknya, acara Grand Opening JR sore itu berhasil. Setidaknya kami merasa begitu.

Sore itu juga diadakan Grand Opening Scientific Study Club (GO SC). SC adalah bentuk kaderisasi keilmiahan yang diperuntukkan bagi staf muda Kastrat dG. Mereka akan belajar membuat karya tulis ilmiah, poster ilmiah dan esai di bawah bimbingan kakak Kastrat dG yang lain. Dalam GO SC, segala yang berkaitan dengan SC dibahas di sana: teknis pelaksanaan, pembagian kelompok dan mentor serta materi dan durasi SC.

Kastrat dG menginginkan peningkatan iklim keilmiahan di FK UNS. Dan segala yang kami lakukan adalah upaya menuju ke sana. Semoga, keilmiahan di FK UNS semakin membudaya. Semoga.

#TheSpiritofScienceandResearch

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*