Profil

Kastrat de Geneeskunde Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bertugas untuk melakukan kajian dan penelitian ilmiah baik di bidang medis maupun non medis. Lembaga Ilmiah FK UNS ini memiliki tujuan untuk mengembangkan wawasan keilmuan dan menciptakan iklim penelitian yang kondusif di kalangan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kastrat de Geneeskunde terbagi atas 7 divisi yaitu Divisi Sekertaris yang membawahi sub divisi perpustakaan, rumah tangga ,dan pendelegasian, Divisi Bendahara, Divisi Ilmiah, Divisi PSDM, Divisi Jurnalistik, Divisi Humas Internal dan Divisi Humas Eksternal. Masing-masing Divisi memiliki progam kerja yang dilaksanakan dalam satu periode kepengurusan. Progam kerja tersebut  dilaksanakan untuk mengembangkan minat, bakat, keahlian, dan potensi serta sikap ilmiah khususnya dalam bidang penelitian di kalangan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Salah satu program kerja Kastrat de Geneeskunde adalah Medsmotion (Medical Scientific Competition) yaitu kompetisi ilmiah tingkat nasional yang diadakan rutin setiap tahun dengan tema yang berbeda. Kegiatan kompetisi tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Kedokteran di Indonesia yang mengirimkan karyanya dan lolos sebagai finalis. Serangkaian kegiatan tadi ditutup dengan Simposium Nasional yang mendatangkan pembicara lokal maupun nasional. Selain aktif dalam event nasional, Kastrat juga berupaya untuk kompetensi dalam bidang ilmiah tingkat lokal maupun regional, melalui kegiatan PIMFak, yaitu kompetisi ilmiah tingkat fakultas yang sebelumnya dibekali dengan Study Class, Study Club, serta Mini Science Discussion (MSD) untuk mengasah bakat ilmiah mahasiswa. Sebagai bukti, hingga saat ini, Kastrat telah mengirimkan banyak delegasinya untuk mengikuti kompetisi ilmiah di ajang nasional dan hampir dapat dipastikan, delegasi dari Kastrat membawa pulang piala dan nama baik bagi FK UNS.

Selain dalam bidang ilmiah, Kastrat juga mengembangkan potensi sumber daya mahasiswa dalam bidang keorganisasian, salah satunya melalui kegiatan GLOW (General  Leadership & Organization Workshop) yang diadakan untuk peserta magang dan pengurus Kastrat. Peserta magang Kastrat, adalah anggota Kastrat (mahasiswa Fakultas Kedokteran) yang berminat menjadi pengurus Kastrat dengan mengikuti KORNEA (Kastrat Open Recruitment for New Aquitance) .

Hasil kegiatan serta informasi ilmiah Kastrat de Geneeskunde dirangkum dalam bulletin OPTICUS, mading SCRIMA VEVO, serta ditampilkan dalam situs blog Kastrat, yaitu kastrat-fkuns.blogspot.com. Dengan demikian, kreativitas mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS dapat meningkat dan terwadahi dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*