PKM DIKTI DIDANAI 2013

PKM DIKTI hadir lagi. Bagi yang belum tau mengenai PKM, check this out

PKM merupakan singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa. Sesuai dengan namanya, program ini memfasilitasi minta dan bakat mahasiswa di beberapa aspek yang menjadi cabang programnya. Di bawah ini adalah beberapa jenis PKM

1. PKM-Penelitian (PKM-P)

2. PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T)

3. PKM-Kewirausahaan (PKM-K)

4. PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M)

5. PKM Karsacipta (PKM-KC)

6. PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI)

7. PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT)

Masing-masing tim PKM terdiri dari 3-5 orang, minimal terdiri dari 2 angkatan agar proses regenerasi berjalan dengan baik. Alokasi pendanaan untuk tahun 2013 maksimal 12,5 juta rupiah. Untuk PKM-AI dan PKM-GT, insentif yang diberikan 3 juta rupiah.

Penting untuk diperhatikan nih, seorang mahasiswa hanya dibenarkan masuk dalam satu kelompok pengusul PKM baik sebagai ketua maupun anggota yang setuju untuk didanai. Jadi, kita boleh mengajukan lebih dari 1 proposal, dengan catatan cuma jadi ketua di satu proposal.

Format penulisan harus dicermati. Jumlah halaman proposal maksimal adalah 15 halaman mulai latar belakang sampai lampiran termasuk daftar riwayat hidup.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini DIKTI tidak menerima hardcopy, melainkan hanya softcopy yang bisa diunggah secara online mulai tanggal 29 Oktober sampai dengan 9 November 2012. Dengan menggunakan sistem online tersebut perguruan tinggi diberikan wewenang untuk menyeleksi proposal di tingkat perguruan tinggi terlebih dulu dan mengusulkannya berdasarkan prioritas.  Di samping itu dengan sistem online ini reviewer memiliki waktu yang lebih banyak dalam menilai proposal. Untuk mahasiswa UNS, mengumpulkan minimal 1 hardcopy ke MAWA UNS beserta surat rekomendasi dari reviewer fakultas untuk arsip universitas dan pendaftaran judul melalui Pihak Kemahasiswaan ke pihak DIKTI. Pengusul akan menerima username (kode verifikasi) dari hasil pendaftaran untuk mengunggah file dokumen ke http://simlitabmas.dikti.go.id/

Download Panduan PKM DIKTI di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*