Evaluasi Program Food Combining Diet terhadap Status Gizi dan Tingkat Stres Kerja Buruh Wanita Kampoeng Batik Laweyan Surakarta

Indah Setyaningrum *), Amiruddin Azuhdi *), Shofia Amalia *),
M. Fajar Hamida *), Dahniar E. *)
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret

ABSTRAK

Latar Belakang Masalah: Untuk menjalankan aktifitasnya, setiap pekerja berhak mendapatkan derajat kesehatan yang optimal. Hal ini dapat dicapai apabila terdapat kesesuaian antara beban kerja dengan kemampuan fisik maupun asupan nutrisinya. Adanya beban kerja yang tidak seimbang dengan asupan gizi sering menimbulkan penurunan berat badan. Kekurangan asupan nutrisi ini akan membawa akibat buruk terhadap tubuh pekerja. Selain asupan nutrisi, lingkungan pekerjaan juga berpengaruh besar terhadap kesehatan seorang pekerja. Hal ini dikarenakan lingkungan pekerjaan dapat menjadi pembangkit stres pada pekerja. Stres kerja di lingkungan pekerjaan ini dapat mengakibatkan penurunan fungsi pekerja bahkan dapat menimbulkan sakit. Asupan nutrisi yang baik merupakan faktor penting untuk mengatasi gangguan gizi dan stres dalam bekerja. Food combining adalah metode pengaturan asupan nutrisi yang diselaraskan dengan mekanisme alami tubuh, khususnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Di daerah Surakarta, industri batik menjadi suatu aset yang sangat penting dalam perkembangan kebudayaan dan perekonomian. Salah satu industri kesenian batik di Surakarta adalah kampung batik yang terletak di daerah Laweyan. Peran kaum wanita sebagai buruh dalam sektor industri batik ini sangat kental. Oleh karena itu, peneliti berharap dengan adanya penerapan pola makan food combining ini, maka masalah gizi dan stres pekerjaan pekerja, khususnya buruh wanita Kampoeng Batik Laweyan dapat ditekan.

Metode Pelaksanaan: Penelitian ini bersifat eksperimental dengan rancangan penelitian pre and post test group design. Lokasi penelitian dilakukan di Kampoeng Batik Laweyan Surakarta dengan subjek sasaran buruh wanita yang bekerja di Kampoeng Batik Laweyan Surakarta. Jumlah sampel yang digunakan mengacu pada rekomendasi rule of thumb, yang mana jumlah sampelnya terdiri dari 30 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan rancangan penelitian yang dipakai adalah randomized controlled clinical trial design.Variabel bebas penelitian ini adalah penyuluhan Food Combining Diet dengan variabel terikat status gizi dan tingkat stres buruh wanita Kampoeng Batik Laweyan Surakarta. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment Pearson. Perhitungan validitas dan reliabilitas dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 17.0.

Hipotesis: Program Food Combining diet mampu meningkatkan status gizi dan menurunkan tingkat stres kerja buruh wanita Kampoeng Batik Laweyan Surakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*